Sabtu, 16 Oktober 2010

Kelapangan hati adalah mata air kebahagiaan..........

Sempitnya dunia karena sempitnya hati, hilangnya senyuman karena hilangnya syukur dari hati, hilangnya syukur karena buruknya penilaian hati pada semua realita dan keadaan. Tingginya harapan yang tak sejalan dengan usaha dan tawakal, besarnya ambisi yang hanya terpatri pada keindahan dunia dan isinya, membuat ruang hati semakin sesak dan penuh yang pada akhirnya hanya membuat hati semakin gelap dan sempit.

Luasnya dunia karena luasnya hati, kebahagiaan lahir dari hati yang penuh rasa syukur dan penerimaan. Bagaimanapun kondisi raga, dimanapun kaki berpijak, ditaman manapun nafas berhembus dan dengan irama apapun jantung berdetak, ketika hati selapang dan seluas langit yang tak berbatas, maka kelapangan hati adalah satu dari sekian mata air kebahagiaan.

Hati yang terjaga dari angan akan masa depan dan kenangan masa lalu, itulah hati yang merdeka, miliki kebebasan bergerak dan bahagia. Hati yang terlepas dari ikatan nafsu dan hati yang berkuasa atas keinginan dan pikiran, adalah hati yang berkawan dengan kejernihan nurani yang mampu membisikkan kebaikan dan semangat untuk memperbaiki diri.

Tidak ada komentar: