Jumat, 07 Januari 2011

Jujur itu pilihan..

Kejujuran adalah salah satu cara menghargai diri sendiri. Kejujuran ada untuk kepentingan diri sendiri, bukan orang lain. Kejujuran adalah sebuah pilihan hidup bagi jiwa yang mendambakan ketenangan. Orang-orang yang jujur pada dirinya sendiri tak perlu memakai topeng di depan orang lain, dan tahu kemana ia akan melangkah dalam menentukan arah hidupnya.

Saat lidah tak berkata jujur, bukan pada orang lain kita bersalah, namun pada diri kita sendiri. Oleh karena ketidakjujuran itulah kepercayaan akan menghilang, karena ketidakjujuran pula akan muncul rasa bersalah dan ketidaktenangan dalam melangkah.

Mungkin bukan hal sulit untuk berkata jujur pada orang lain, namun tidak mudah untuk berlaku jujur pada diri sendiri. Idealisme, harapan, batas ke”normal”an, tuntutan dan norma di sekitar kita adalah beberapa hal yang membuat jalan untuk jujur pada diri sendiri lebih berliku. Kita dengan mudah bisa mengatakan pada orang lain apa yang seharusnya kita inginkan, namun bisakah kita mengakui pada hati kita saat apa yang diinginkannya ternyata bertolak belakang dengan semua nilai yang coba kita pertahankan?? Tentu bukan hal yang mudah. Untuk mengakui sebuah perbedaan, baik itu positif maupun negatif yang tlah tertanam dalam diri kita, diperlukan sebuah pemikiran dan keberanian untuk membuat pernyataan bahwa kita berbeda, bahwa kita siap untuk keluar dari batas-batas nilai yang dinilai “seharusnya” ke dalam sebuah ruang yang dibatasi nilai dan prinsip yang kita yakini kebenarannya dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Kebebasan menjadi diri sendiri, itulah hadiah yang akan kita terima saat kita berhasil mengakui dan jujur pada diri kita sendiri. Menjadi diri sendiri, bukan hanya berarti tidak mengikuti langkah orang lain yang tidak sesuai dengan diri kita, tapi juga membebaskan diri kita memilih prinsip dan nilai yang berbeda dari orang lain, melepaskan standart yang seharusnya (karena tuntutan lingkungan dan persepsi orang lain), dan memilih jalan yang benar-benar sesuai dengan nilai yang kita inginkan tanpa memperdulikan komentar dan penilaian orang lain.

Kejujuran itu, menjadikan kita mampu berdiri kokoh di tempat yang kita pilih, berapapun banyaknya hiruk pikuk persoalan di sekitar kita.

Tidak ada komentar: