Jumat, 24 Juni 2011

Jumat barakah, insyaallah

Waktu yang barakah..itu yang selalu dipinta dalam setiap do'a. Sisa waktu yang barakah..itu pula doa yang dihadiahkan sebagian banyak saudara saat perayaan hari lahir. Kebarakahan adalah sesuatu yang sangat penting, bukan hanya sebuah kata yang terucap sebagai hiasan dan bukan hanya permintaan kosong yang hanya terucap oleh lisan yang lalai.

Namun setiap ucapan do'a harus ada sebuah jalan untuk terwujud. Seperti sebuah tujuan yang perlu dicapai dengan usaha, segala sesuatu perlu sebab untuk sampai pada akibat. Meski Allah tak perlu sebuah sebab dan alasan, namun sunnatullahNya untuk manusia adalah kepastian. sebab ada untuk mengiringi akibat. maka jika keberkahan waktu yang diminta, sudahkah kita mengisi waktu itu dengan sesuatu yang akan membuatNya memberikan keberkahan?

Dalam pemahaman dangkalku, sebuah keberkahan ada saat yang kita miliki bermanfaat untuk menyampaikan kita pada kebaikan. Waktu yang barakah adalah saat detik-detiknya terisi dengan hal-hal bermanfaat bagi diri dan orang lain, usia yang barakah adalah saat kedewasaan umur kita diiringi dengan kedewasaan jiwa dan hati kita yaitu dengan semakin meningkatnya ketaqwaan dan semakin bermanfaatnya kita bagi orang lain. Harta yang barakah adalah saat yang kita peroleh bukan hanya kita simpan dan kita miliki, tapi bisa lebih bermanfaat untuk orang lain.

Harta yang kita dapatkan hanya akan dibagi menjadi 3 hal yaitu yang kita makan danitu akan hilang, yang kita investasikan untuk bangunan dan pakaian akan usang dimakan waktu, dan harta abadi yang benar-benar menjadi milik kita adalah apa yang kita belanjakan di jalan kebenaran sesuai yang ditunjukkanNya. Demikian pula untuk waktu, kesehatan dan ilmu, maka semuanya akan berarti jika bisa bermanfaat bagi orang lain.

Maka, kuperingatkan wahai diriku, sudahkah kau lakukan sesuatu untuk membuat waktu, kesehatan, ilmu, harta, dan usiamu menjadi barakah hari ini? segeralah beranjak karena hanya sedikit kesempatan yang diberikan, dan terlalu banyak yang harus kau lakukan.

Tidak ada komentar: