Selasa, 25 Oktober 2011

Catatan kecil

Ada puluhan catatan dalam masaku yang begitu berharga dan coba kujaga. Bukan karena keindahannya ataupun istimewanya cerita dalam catatan itu, namun karena catatan-catatan itu terasa hidup dan berbicara. Satu catatan yang kubaca di waktu senggangku mampu memberiku hiburan layaknya kehadiran seorang teman, ia mengingatkanku untuk tersenyum dikala ku bersedih, ia mengingatkanku untuk bersabar disaat kuputus asa, dan ia pula yang mendengarkan semua keluh kesah, tangisan, dan luapan emosiku. Ia yang begitu berharga hingga suatu saat ingin kumengumpulkannya menjadi satu cerita kehidupanku dengan nama seorang sahabat.
Namun, saat kini kucoba membacanya kembali..seluruh rasa itu tlah tiada. Rasa yang kudapat dalam tiap kata-katanya seakan tak lagi berbicara, dan ia seakan hanya bisa diam, ia bagai seonggok patung yang bisu dan tak bernyawa. Mungkinkah ada sesuatu yang salah?? 
Bukan sesuatu yang salah yang terjadi,, itu jawabku pada diriku sendiri. Setelah kuberpikir..dulu catatan itu layaknya seorang teman karena aku menganggapnya sebagai teman, aku menyayanginya, menghargainya, dan menyukainya. Dan kulakukan semua hal itu karena saat itu kehidupan bagiku adalah diriku sendiri, aku terlalu fokus pada diriku sendiri, terlalu egois, dan akhirnya tak pernah berpikir tentang orang lain. Sahabatku adalah diriku sendiri, yang kusayangi hanyalah juga diriku sendiri, dan akupun hidup dalam tembok diriku sendiri. 
Kini..kehidupanku adalah cerita tentang banyak hal, aku memang tak miliki banyak teman, namun saat kuputuskan untuk membuka dinding penutupku, aku merasakan bahwa hidupku adalah untuk menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain. Meski aku sadar, terkadang diriku hanyalah bayang yang tertutup gelapnya malam bagi orang lain, namun semua yang kulakukan untuk lebih berarti adalah cahaya yang tak kan kubiarkan padam.  
Dan catatan-catatan itu...ia mungkin tak lagi berharga dalam hidupku, karena melihatnyapun tidak akan membuatku melihat apalagi menemukan diriku yang dulu, membacanyapun hanya sekedar membuatku teringat bahwa sesuatu tlah terjadi pada masa lalu kehidupanku. Kini yang lebih berarti adalah perjalananku yang tidak hanya bisa kunikmati lewat catatan-catatan kecilku, namun kunikmati ia dengan seluruh kesadaranku bahwa aku berjalan dalam perubahan.



Tidak ada komentar: